Tips Menjaga Performa Komputer dan Laptop

Ditulis Oleh syamsul Kamis, 08 Juli 2010

Semua orang pasti mendambakan komputer mereka bisa tetap bekerja dengan sempurna sebagaimana mestinya, bahkan terkadang berharap bisa lebih dari yang biasa. Oleh karena itu tidak jarang diantara kita, melakukan hal-hal yang diluar kebiasaan orang kebanyakan.

Salah satu yang paling sering kita temui adalah praktik Overclocking, namun tidak jarang praktik semacam ini malah banyak menimbulkan berbagai masalah baru, apabila anda tidak memahami benar teknik overclocking tersebut. Alih-alih ingin mendapatkan performa yang lebih baik, yang terjadi malah komputer tidak bisa di gunakan sama sekali :)

Bagi anda yang tidak mau atau bahkan yang tidak tertarik sama sekali dengan hal-hal semacam itu, masih ada beberapa cara lain yang lebih simpel, yang tidak banyak menimbulkan masalah.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga performa komputer yang biasa saya lakukan

Jaga Kebersihan Komputer

Agar komputer tetap dalam keadaan segar, jangan lupa untuk membersihkan semua komponen secara berkala atau apabila komponen tersebut sudah terlalu kotor. Apabila anda takut untuk membersihkan bagian dalam CPU, mintalah bantuan kepada orang yang lebih berpengalaman. Memang kelihatannya sepele namun saya sering menemukan, komputer tidak mau masuk windows atau bahkan tidak mau hidup sama sekali, hanya karena motherboars atau slot memory yang tertimbun debu.

Jagalah sirkulasi udara

Usahakan agar Srikulasi udara baik dalam ruangan maupun pada casing komputer mengalir dengan baik. Hindari penempatan casing pada tempat yang aliran udaranya terhambat. Aliran udara yang tidak lancar akan menyebabkan suhu dalam casing akan naik. Kenaikan suhu ini akan menyebabkan putaran kipas prosesor, chipsets dan periperal lainnya akan meningkat. Akibatnya ruangan akan menjadi berisik karena kenaikan putaran kipas tadi, selain itu juga menyebabkan ruangan/kamar anda menjadi semakin panas. Hasilnya, anda tidak akan betah tinggal dalam kamar dalam jangka waktu yang lama.

sebelumnya telah saya jelaskan beberapa tips untuk merawat secara hardware. Selanjutnya kita beralih ke tips menjaga performa secara software. Tujuannya adalah supaya komputer bisa bekerja dengan baik, minimal sesuai dengan yang anda harapkan, kalaupun ternyata lebih, itu merupakan keuntungan tersendiri bagi anda :). Ok, kita mulai dengan tips untuk mempercepat proses booting.

Atur ulang konfigurasi BIOS

Saya akui cara ini memang bagi sebagian orang, merupakan cara yang lumayan sulit. Hal ini dikarenakan masuk BIOS bagi sebagian orang adalah suatu hal yang jarang atau bahkan menakutkan untuk dilakukan.

Sebenarnya pengaturan yang akan kita lakukan disini adalah hanya mengatur first boot device dan melewatkan proses yang tidak perlu saja. Ok, kita mulai dengan mengatur proses yang tidak perlu. dalam hal ini ada beberapa yang biasanya tidak terlalu penting untuk dilakukan oleh komputer, diantaranya adalah melakukan proses pencarian drive pada channel yang memang tidak terdapat drive

Sebagai contoh misalnya pada channel 1 tidak terdapat perangkat apapun (ini bisa dilihat dari informasi BIOS), jadi kita bisa langsung mematikan channel tersebut dengan memilih none. dengan demikian, maka pada saat proses booting komputer akan langsung melewatinya (tidak akan mencari channel tsb).
Selanjutnya adalah mengatur urutan booting. Disini kita akan mengatur urutan pencarian boot disk. Sebagai contoh lihat gambar dibawah ini.

Pada gambar terlihat, pada kondisi default, first boot device adalah floppy disk. Apabila kita sudah mempunyai sistem operasi pada harddisk, ubah saja first boot device nya menjadi hadrddisk (pada beberapa bios kadang diistilahkan dengan HDD-0, dsb). Hal ini bertujuan supaya komputer langsung memeriksa file booting ke harddisk, hasilnnya proses booting akan semakin cepat...

Tips selanjutnya adalah mematikan fungsi LAN Card. Tips ini hanya untuk anda yang mempunyai LAN card onboard pada motherboard dan tidak terhubung ke jaringan. Tips ini selain akan mempercepat proses booting, juga akan menghemat penggunaan memory, karena sistem operasi tidak akan meload LAN card. Caranya adalah dengan mematikan controller LAN. Biasanya opsi ini terdapat pada bagian Onboard device. Sebagai contoh, lihat gambar dibawah ini (beberapa motherboard terkadang mempunyai nama yang berbeda). Secara default, BIOS akan mengaturnya pada mode auto. Apabila anda ingn mematikannya, cukup dengan memilih opsi disable.

Sampai disini saya berharap anda sudah bisa memahami dan mempraktekannya.
Selanjutnya kita akan mencoba melakukan pengaturan di dalam sistem operasi. Pada contoh ini saya menggunkana OS Microsoft Windows XP SP2. Disini kita akan melakukan pengaturan pada Paging file atau yang biasa disebut dengan virtual memory, startup, preftech, serta beberapa pengaturan lainnya.

Mengatur Virtual memory

Virtual memory berfungsi untuk membantu memory utama dalam menyimpan sementara data yang akan di proses oleh komputer. Kita dapat mengatur besarnya penggunaan virtual memory ini dengan cara klik kanan My Computer--> Properties--> Advance-->pada bagain performance kilk settings--> advance--> Change. centang pada bagian custom size, Pada kotak dibawahnya isikan saja nilainya sesuai keinginan anda. Namun perlu di ingat, semakin besar virtual memory maka proses shut down akan semakin lama. Hal ini disebabkan karena pada saat komputer di shut down, windows akan membersihkan pagefile terlebih dahulu. Saran saya, apabila anda mempunyai memory 128MB, atur virtual pada 700MB-an. 256MB pd 600MB-an. dan 512MB pada 400-500MB-an.

Selalu bersihkan Drive System

Maksudnya adalh, usahakan agar Space kosong pada Drive tempat anda menginstall sistem operasi (biasanya Drive C:) tidak kurang dari 5GB (untuk windows XP), karena space yang terlalu kecil akan membuat system akan menjadi berat.

Membersihkan file Prefetch

File prefetch yang terlalu banyak akan mengakibatkan proses startup akan menjadi lamban. Anda dapat melakukan pembersihan prefetch ini dengan bantuan program seperti prefetch cleaner, ataupun program yang sejenisnya. Saya sendiri menggunakan program prefetch cleaner. Kelebihan program ini adalah diantaranya :

- Gratis
- Tidak perlu melakukan instalsi
- Ukuran filenya kecil

dan yang paling penting adalah manfaatnya yang saya rasakan cukup bagus untuk mempercepat proses booting. Cara menggunakannya adalah dengan mengklik tombol clean prefetch folder now, sesaat sebelum anda mematikan komputer. Demikian tips yang bisa saya berikan, semua ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua, khususnya teman-teman ya udah bersedia mengunjungi website yang sederhana ini.

Kalender

Polling

Tampilan website ini ?

 

 

 

 


  Results