Implementasi Semantic Web dalam rekomendasi iklan (studi kasus Facebook)

Ditulis Oleh syamsul muttaqin Selasa, 13 Maret 2012

Jejaring sosial merupakan produk teknologi informasi yang menjadi sebuah fenomena baru dalam kehidupan manusia. Dimana satu individu dengan individu lainnya dapat saling berbagi dan terhubung dengan mudah. Facebook sebagai salah satu penyedia layanan jejaring sosial mengizinkan setiap orang untuk dapat menjadi anggota dan menggunakan semua fasilitas yang disediakan secara cuma-cuma. Meskipun demikian, Facebook tetap mendapatkan pemasukan yang salah satunya berasal dari slot iklan yang disediakan.

Ilustrasi Iklan Facebook

Iklan yang ditampilkan oleh facebook pada umumnya revelan dengan apa yang terdapat didalam akun profile seseorang. Iklan yang relevan dengan profile akun seseorang akan meningkatkan efektifitas dari iklan itu sendiri. Dimana hal ini akan menguntungkan pihak pemasang iklan dan meningkatkan kepercayaan promosi produknya kepada Facebook.

Oleh karena itu diperlukan sebuah cara agar iklan yang ditampilkan menjadi lebih relevan. Pada titik ini, akan sulit bagi algoritma tradisional untuk menentukan iklan yang relevan.

Hal ini dikarenakan algoritma tradisional bekerja pada domain text yang spesifik dimana hal ini menimbulkan kemungkinan dalam menampilkan iklan yang tidak sesuai.

Suatu contoh sederhana adalah ketika sebuah iklan hanya ditampilkan berdasarkan  kota / daerah dimana user tinggal. Hal ini hanya akan menimbulkan satu masalah baru yakni bidang minat dan keperluan dari user yang bersangkutan kemungkinan akan berbeda dengan iklan yang akan ditampilkan. Belum lagi muncul sub-sub masalah yang lainnya.

Download full papernya di sini

Kalender

Polling

Tampilan website ini ?

 

 

 

 


  Results