Geany, Satu aplikasi untuk beragam Bahasa Pemrograman

Ditulis Oleh syamsul muttaqin Minggu, 08 April 2012

Saat ini, melakukan pemrograman sudah sangat dimudahkan dengan bermunculannya beragam aplikasi IDE (Integrated Development Environment) baik yang khusus untuk sebuah bahasa pemrograman tertentu maupun IDE pihak ketiga yang dapat digunakan untuk lintas bahasa seperti ECLIPSE maupun NET BEANS. Keduanya sangat powerfull untuk membantu meringankan pekerjaan kita terutama karena IDE umumnya telah menyediakan begitu banyak library beragam bahasa pemrograman.

Selain itu, fitur yang juga sangat membantu adalah adanya fitur debugging yang sangat membantu kita dalam menelusuri kesalahan penulisan maupun struktur program yang kita bangun.

Konsekuensi dari sedemikian banyaknya fitur terutama library yang ditanamkan dalam sebuah IDE adalah akan memakan banyak resource memory komputer, sehingga mengakibatkan program akan terasa lambat ketika akan dijalankan. Ketika kita ingin melakukan pemrograman "sederhana" berbasis Pascal ataupun C yang notabene nyaris tidak membutuhkan library, hal ini tentu akan terasa sangat tidak efisien.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kita dapat menggunakan aplikasi alternatif yang serupa namun jauh lebih ringan. Saat ini terdapat banyak sekali aplikasi alternatif yang dapat dimanfaatkan, sebagai contoh pada platform Linux terdapat berbagai alternatif program seperti Geany, Kate, Lazareus dll.

Saya pribadi untuk pemrograman Pascal, C dan PHP saat ini paling senang menggunakan geany, karena selain ringan, fitur yang terdapat di dalamnya juga tergolong sangat lengkap. Mulai dari fitur templating, syntax highlighting (dengan membedakan warna tulisan) untuk berbagai bahasa pemrograman (lihat gambar), auto completion hingga fitur debugging yang sangat membantu dalam melacak kesalahan sintaks maupun struktur program.

Tampilan code highlighting untuk program Pascal

Sejatinya Geany dikembangkan dikembangkan untuk platform UNIX, namun versi Windows juga tetap tersedia hanya saja memang untuk versi Windows tidak memiliki fitur selengkap versi UNIX nya. Adapun cara melakukan instalasi pada platform Linux sangat mudah. Anda dapat mendownload secara manual di sini. Namun apabila anda menggunakan Ubuntu (dan sejenisnya seperti Mint, Kubuntu dll), Anda tidak perlu repot mendownload (secara manual) karena source-nya sudah tersedia di dalam library. Cukup dengan menjalankan perintah "sudo apt-get install geany" dari terminal.

Setelah selesai proses instalasi, kita perlu melakukan beberapa pengaturan dasar untuk dapat memanfaatkan fitur unggunalannya seperti fitur auto completion dll. Adapun pengaturan dasar yang saya lakukan adalah sbb:

Fitur Auto completion pada geany

Untuk memulai membuat program dengan bahasa pemrograman tertentu, anda dapat menekan menu File -> New(With Template) kemudian pilih bahasa pemrograman yang ingin anda gunakan. Geany akan secara otomatis membuat sebuah template lengkap dengan fitur syntax correction nya.

Selain itu, untuk dapat menjalankan program Pascal, kita perlu memasang compiler pascalnya, dengan cara menjalankan perintah sudo apt-get install fpc fp-compiler. setelah itu, apabila anda ingin menjalankan program pascal yang anda buat, cukup dengan menekan tombol compile kemudian build dan run (lihat gambar).

Untuk versi Windows, sebelum memasang program utamanya, anda terlebih dahulu harus memasang GTK+. adapun programnya dapat anda download di sini

Selamat Mencoba!!

Kalender

Polling

Tampilan website ini ?

 

 

 

 


  Results